Learning English and Bahasa Indonesia

Ingin Lancar Speaking? Cukup Perbanyak Input dan Latihan


Bahasa merupakan alat komunikasi. Artinya, tujuan mempelajari sebuah bahasa hendaknya didasarkan pada aspek penerapannya secara langsung. Banyak orang yang menghabiskan beberapa jam setiap harinya hanya untuk mempelajari grammar atau tata bahasa namun tidak mampu menggunakannya secara refleks pada saat speaking. Hal ini membuktikan bahwa tujuan mempelajari sebuah bahasa terbilang kurang mengenai sasaran. Mereka hanya fokus bergelut pada aturan membentuk kata demi kata sesuai aturan, namun tidak mampu menerapkannya. Jika Anda salah satu dari orang-orang tersebut, maka ubahlah strategi belajar Anda. Pertama-tama, sadari terlebih dahulu tujuan bahasa sebagai alat komunikasi, lalu ikuti tips berikut.

Perbanyak Input

Input dalam hal ini bisa didapatkan melalui dua cara; yaitu dengan memperbanyak intensitas penerimaan atau fokus pada receptive skills antara lain listening dan reading. Di era teknologi seperti sekarang ini, sangat banyak informasi yang tersebar didunia maya. Anda bisa memanfaatkannya setiap hari. Beberapa strategi jitu dalam memperbanyak input adalah dengan mengakses situs-situs berita berbahasa Inggris seperti CNN News dan lain sebagainya. Selanjutnya, tontonlah video-video berbahasa Inggris di youtube atau nontonlah secara langsung dengan streaming. Dengarkan secara seksama apa yang coba dijelaskan dan sebisa mungkin tangkaplah maksud dari poin yang dibicarakan.

Perbanyak Latihan

Practice makes perfect. Kalimat tersebut akan selalu efektif untuk pelajar bahasa; termasuk bahasa Inggris. Seperti halnya Anda sewaktu kecil, Anda tentunya tidak mempelajari aturan atau tata bahasa Indonesia setiap hari. Apa yang Anda lakukan adalah praktik, praktik, dan praktik hingga akhirnya Anda seperti sekarang ini.

Anda bisa menerapkan strategi lancar speaking yang telah diulas dalam MHMN dalam artikel sebelumnya, antara lain: Strategi Jitu Lancar Berbahasa Inggris dan Lancar Berbahasa Inggris hanya dengan Bermodal Smartphone.

Admin MHMN sendiri rutin melakukan interaksi dengan pelajar bahasa Inggris lainnya yang berasal dari berbagai negara. Meskipun negara asal mereka bukanlah dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, namun sejauh ini peningkatan dalam speaking sangat terasa. Intensitas berpikir sebelum berbicara dan menerjemahkan kata demi kata didalam pikiran sebelum berbicara semakin lama semakin berkurang hingga akhirnya kalimat yang keluar menjadi lebih natural.

Jika Anda adalah pengguna smartphone berbasis Android atau iOS, Anda bisa mengikuti tips yang telah dituliskan pada artikel yang berjudul "Lancar Berbahasa Inggris dengan Bermodal Smartphone". Percayalah bahwa tips ini cukup banyak membantu Anda dalam peningkatan speaking.