Learning English and Bahasa Indonesia

Ingin Membuat Situs Pembelajaran Online? Baca Ini


Saat ini, koneksi internet tidak lagi menjadi barang mewah yang hanya bisa dinikmati oleh masyarakat dari kalangan tertentu saja. Melihat fakta tersebut, Anda sebagai praktisi pendidikan dapat memanfaatkannya dengan melakukan manuver dan terobosan baru; yaitu dengan membangun situs pembelajaran online. Untuk membuatnya, Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman. Meskipun penguasaan bahasa pemrograman seperti PHP dan MySQL serta HTML diperlukan, namun apa salahnya jika Anda membangun situsnya terlebih dahulu sambil mulai mempelajari ilmu tentang bahasa pemrograman?! Hal tersebut juga yang dilakukan admin MHMN yang hingga saat ini telah membuat beberapa situs pembelajaran online dan beberapa web toko online.

Situs Pembelajaran Online - Apa yang Anda Butuhkan?

Untuk membuat situs pembelajaran online Anda dapat mengudara, silahkan simak poin-poin berikut ini.

Domain

Domain merupakan sebuah nama untuk situs pembelajaran online Anda. Domain dapat diibaratkan sebagai alamat sekolah/kursus di dunia maya. Untuk harga domain sendiri berkisar antara Rp. 100.000 - Rp. 150.000 untuk ekstensi .com dan .net. Jika Anda ingin menggunakan domain Indonesia, Anda dapat memilih domain dengan ekstensi .sch.id (khusus untuk sekolah) atau .ac.id (khusus untuk universitas). Harga untuk domain Indonesia berkisar di angka Rp. 100.000.

Hosting

Hosting merupakan tempat dimana seluruh data dari situs pembelajaran online Anda disimpan. Hosting biasanya dijual sepaket dengan domain. Silahkan cari penyedia hosting dan domain murah dan berkualitas. Pemilihan hosting hendaknya dilakukan secara seksama. Jika perlu, lakukanlah riset terlebih dahulu dengan mencari review dari pengguna penyedia domain dan hosting yang Anda incar. Jangan terlena dengan harga yang ditawarkan. Carilah hosting dengan jaminan up-time server diatas 90% agar situs Anda tidak sering mengalami masalah pada saat diakses.

Jika masih bingung dengan pemilihan domain dan hosting, admin MHMN menyarankan agar Anda menggunakan layanan dari DewaWeb. Admin MHMN telah mencoba dan menguji layanan dari penyedia domain dan hosting tersebut selama kurang lebih satu tahun. Layanannya sangat responsif dengan up-time server diatas 90%. Untuk sebuah situs pembelajaran online dengan jumlah siswa sekitar 50 users, disarankan untuk memilih paket diatas 1GB. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan riset mengenai kualitas domain dan hosting, silahkan menuju ke laman DewaWeb yang telah teruji.

Moodle

Terdapat banyak sekali CMS yang dapat mengakomodasi berjalannya pembelajaran online. Salah satu yang populer yang digunakan berbagai institusi formal dan informal diseluruh dunia adalah Moodle. Moodle sangat mudah untuk dioperasikan, meskipun bagi orang awam sekalipun. Menjatuhkan pilihan pada Moodle sebagai mesin penggerak pembelajaran online merupakan langkah yang brilian karena CMS yang bersifat terbuka (open source) ini emiliki forum resmi yang dapat Anda gunakan untuk saling bertukar informasi dan tanya jawab (moodle.org) sehingga ketika mengalami masalah, Anda dapat dengan mudah menemukan solusi dan jawabannya.

Untuk instalasinya sendiri dapat dilakukan secara otomatis setelah memesan domain dan hosting. Anda hanya perlu masuk ke cpanel dari hosting Anda kemudian pilih fitur fantastico. Pada fantastico, silahkan klik 'Moodle' lalu isikan data-data yang dibutuhkan seperti nama situs, prefix database, nama user untuk administrator, password, dan lain sebagainya. Semuanya dapat berjalan secara otomatis hanya dengan melakukan beberapa kali klik saja. Setelah itu, situs Anda siap untuk diisi konten pembelajaran.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait instalasi Moodle, silahkan menghubungi admin MHMN melalui form yang disediakan pada blog ini. Kami akan mengirimkan tutorial instalasi Moodle dengan format pdf kepada Anda secara cuma-cuma.