Learning English and Bahasa Indonesia

Mengakses Situs Berbasis Moodle melalui Aplikasi Smartphone


Sebuah terobosan baru ditelurkan tim pengembang CMS Moodle. Di akhir tahun 2015 ini, pihak terkait meluncurkan aplikasi smartphone untuk Android dan iOS yang memungkinkan situs pembelajaran online atau situs e-learning berbasis Moodle dapat diakses melalui aplikasi tersebut. Mengakses situs pembelajaran berbasis Moodle melalui aplikasi smartphone membuat pembelajaran semakin berwarna; berbeda jika diakses melalui web-browser dari smartphone. Lalu, bagaimana caranya?

Langkah-langkah

  • Pertama-tama, unduh terlebih dahulu aplikasinya di Google Play Store atau di Apple Store. Nama aplikasinya: 'Moodle Mobile'.
  • Setelah aplikasinya ter-install, silahkan masukkan nama situs berbasis Moodle lalu klik tombol 'Add'.
  • Selanjutnya, masukkan 'username' dan 'password', lalu tekan tombol 'Add'
Moodle Mobile - Log-in
Moodle Mobile - Log-in
Moodle Mobile - Home
Moodle Mobile - Home

Keuntungan Moodle via Aplikasi Smartphone

Jika situs pembelajaran online berbasis Moodle dapat diakses melalui aplikasi smartphone, maka user dapat sedikit lebih rajin mengaksesnya. Hal tersebut tentunya akan berimbas positif terhadap perkembangan belajar mereka mengingat mereka dapat mengakses seluruh konten situs dimana saja dan kapan saja melalui smartphone mereka. Siswa juga dimungkinkan untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas melalui gadget sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton yang biasanya hanya dilangsungkan didalam kelas yang tertutup dengan berpakaian seragam, kini bisa diakses tanpa batasan ruang dan waktu.

Untuk user 'Teacher', mereka dapat melihat perkembangan atau progress pembelajaran untuk subject yang mereka ampu kapanpun dan dimanapun. Aplikasi tersebut memungkinkan teacher untuk melihat notifikasi terkait pembelajaran semisal jumlah siswa yang telah mengumpulkan tugas, jumlah participants, dan lain sebagainya.

Catatan untuk Administrator

Jika Anda adalah seorang 'administrator' situs berbasis Moodle dan mengalami masalah pada saat 'log-in' ke situs Anda melalui aplikasi ini, cobalah untuk melalukan 'enable web service' terlebih dahulu. Untuk masalah ini, biasanya akan muncul pesan 'Web sercice for mobile devices must be enabled...' yang ditampilkan pada saat 'log-in'. Berikut panduan meng-enable web service pada Moodle.
  • Log-in ke situs Moodle sebagai 'Administrator'.
  • Pada kolom 'Notification', klik 'Site Administration'.
  • Cari dan klik 'Plugins'.
  • Klik 'Web-services'.
  • Klik kolom 'Enable web service for mobile devices' seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.
Enabling Web Service for mobile device on Moodle
Enabling Web Service for mobile device on Moodle

Silahkan bandingkan dengan situs e-learning yang sama jika diakses melalui aplikasi smartphone dengan jika diakses melalui komputer atau laptop. Berikut screenshot salah satu situs e-learning buatan admin MHMN.

MHMN Log-in Page
MHMN Log-in Page
Bagaimana? Tampak beda dan lebih berwarna bukan?

Saran lainnya untuk administrator situs, sebaiknya memilih theme situs yang support atau mendukung 'mobile view' atau yang dalam istilah lainnya dikenal dengan nama 'mobile friendly'. Jika tampilan atau theme yang digunakan belum mobile friendly, biasanya tampilan konten situsnya akan berantakan jika diakses melalui smartphone. Terkait poin ini, pertimbangkan matang-matang dalam aspek pemilihan tema karena device atau alat yang digunakan user Anda berbeda-beda, maka pemilihan theme yang mobile friendly merupakan aspek penting untuk diperhatikan. Hal ini juga memiliki pengaruh pada kecepatan loading situs pembelajaran online Anda.