Learning English and Bahasa Indonesia

Moodle: Membuat Tugas Berseri dengan Task Chain Plugin


Jika Anda salah satu pemegang role 'Teacher' dalam situs pembelajaran berbasis Moodle dan ingin membuat tugas berseri untuk siswa, maka sampaikanlah kepada 'Administrator' situs untuk meng-install plugin 'Task Chain'. Plugin ini berfungsi untuk mengaitkan tugas yang satu dengan tugas lainnya sehingga pada akhirnya akan terbentuk rangkaian tugas-tugas.

Berikut ini penjelasan singkat dari Plugin 'Task Chain' Moodle yang dikutip dari halaman resminya.

The task chain module allows several elearning 'tasks' to be connected into a 'chain' which forms a single Moodle activity. The activity is accessed by clicking on a link on a Moodle course page.
Moodle's Task Chain Plugin
Moodle's Task Chain Plugin
Jika membutuhkan plugin ini, silahkan menuju ke laman resminya atau klik link dibawah.


Plugin tersebut kompatibel untuk versi Moodle 2.x. Berikut ini merupakan features yang akan Anda dapatkan dengan meng-install plugin 'Task Chain'.
  • Task Chain activity dapat memuat beberapa tugas
  • Pra-kondisi dapat ditambahkan untuk mencegah user mengakses tugas berikutnya sebelum memenuhi syarat yang ditetapkan pada pra-kondisi
  • Post-conditions juga dapat ditambahkan untuk menentukan status user setelah menyelesaikan sebuah tugas
  • Memungkinkan penambahan link, gambar, suara, dan video tanpa harus menguasai bahasa pemrograman HTML
  • Format tampilan (output) dapat dipilih (JCloze: drop-down, standard, FindIT, dan lain sebagainya.
Admin MHMN sendiri belum sempat me-review berdasarkan pengalaman langsung dalam mencoba plugin ini mengingat masih terdapat beberapa pengembangan dalam situs berbasis Moodle milik admin yang belum diselesaikan. Pada lain kesempatan, akan diadakan review yang disertai dengan tutorialnya.