Learning English and Bahasa Indonesia

Pentingnya Uji Homogenitas dalam Penelitian Kuantitatif


Seberapa pentingkah dilakukan uji homogenitas dalam penelitian kuantitatif? Jawabannya sangat penting. Fungsi dari uji homogenitas sendiri adalah untuk mengetahui apakah sample penelitian memiliki kemampuan yang sama pada saat pemberian perlakuan atau treatment. Singkat kata, uji homogenitas dimaksudkan untuk mengetahui apakah signifikansi peningkatan untuk variabel yang diukur benar-benar didapatkan dari perlakuan atau treatment atau bukan.

Untuk beberapa kasus, terkadang peneliti membandingkan variabel secara tidak adil atau tidak fair. Misalnya dalam kasus "Kecepatan baca mahasiswa dan pemahamannya terhadap materi bacaan". Orang-orang yang sebelum peneliti datang memang telah memiliki kemampuan speed reading diatas rata-rata kemudian dimasukkan kedalam kelompok eksperimental sementara orang-orang yang memiliki speed reading dibawah rata-rata dimasukkan kedalam kelompok kontrol. Setelah eksperimental grup dan kontrol grup terbentuk, kemudian dilakukan pretest, treatment, lalu posttest. Untuk kasus seperti ini, bisa dipastikan orang-orang yang dimasukkan kedalam kelompok eksperimental akan mendapatkan niai speed reading yang jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang dimasukkan kedalam kelompok kontrol karena pada awalnya keadaannya memang telah demikian. Dalam artian, ada atau tidak ada treatment, kelompok eksperimental memang sudah memiliki kemampuan speed reading yang bagus. Inilah yang dimaksudkan dengan pengukuran yang tidak adil atau tidak fair.

Untuk memastikan bahwa peningkatan variabel yang diukur memang benar-benar bekerja; atau benar-benar dihasilkan dari perlakuan yang diberikan, maka wajib dilakukan 'Uji Homogenitas'. Caranya bisa dilakukan dengan bantuan program SPSS. Untuk tutorialnya, silahkan baca artikel yang berjudul "Panduan Uji Homogenitas Kuantitatif dengan SPSS". Pada artikel ini kami hanya menjelaskan mengenai seberapa pentingkah penghitungan 'Uji Homogenitas' itu sendiri.

Uji Homogenitas - Akurasi Data

Uji homogenitas jelas mempengaruhi akurasi data yang didapatkan. Sangat jelas bahwa dalam pengukuran wajib memperhatikan aspek yang diukur; dalam hal ini harus adil atau fair. Anda tidak mungkin mengukur "Kecepatan Berlari Mahasiswa Olahraga" dengan mengambil atlet lari dari kalangan mahasiswa yang kemudian dimasukkan kedalam eksperimental grup dan mengambil atlet catur dari kalangan mahasiswa yang kemudian dimasukkan kedalam kontrol grup lalu Anda mengukur kecepatan lari kedua grup. Jika seperti itu, maka tanpa treatment sekalipun data akhirnya sudah jelas.

Setelah mengetahui pentingnya diadakan uji homogenitas, mari kita menuju inti masalah; yaitu bagaimana cara menghitung homogenitas dengan program SPSS. Untuk pembahasannya bisa dibaca pada artikel yang berjudul "Panduan Uji Homogenitas Kuantitatif dengan SPSS". Silahkan Anda mengunduh program SPSS terlebih dahulu. Kami tidak menyediakan software-nya. Untuk itu, silahkan Anda browsing di Google dengan kata kunci "PASW Statistic".