Learning English and Bahasa Indonesia

Simple Past atau Past Continuous?


Kedua bentuk waktu yang akan dibahas pada artikel kali ini sama-sama merujuk kepada aktivitas atau peristiwa yang telah selesai diwaktu lampau. Terkadang kita dibuat bingung apakah harus menggunakan simple past atau past continuous. Agar tidak bingung, berikut penjelasannya.

Simple Past

Gunakan tense simple past untuk menjelaskan suatu aktivitas, kegiatan, atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu secara sederhana. Pada poin ini, Anda hanya ingin memberitahukan lawan bicara Anda tentang sebuah kejadian atau persitiwa saja. Misalnya:
  • He asked me but I did not know anything;
  • The school made 10 teachers redundant last academic year.

Past Continuous

Gunakan tense past continuous jika Anda ingin menekankan pada kontinuitas atau keberlanjutan dari sebuah aktivitas atau sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lampau/lalu. Misalnya:
  • All students were talking about him all day;
  • I was trying hard but I could not do it.
(Baca juga: Mengenal Noun dalam Bahasa Inggris)

Simple Past dan Past Continuous

Kedua tenses atau bentuk waktu diatas dapat digunakan bersamaan pada sebuah kalimat. Untuk memadukan kedua bentuk waktu tersebut, gunakan past continuous untuk menjelaskan 'background action' atau latar belakang peristiwa dan gunakan simple past untuk menjelaskan inti kalimatnya. Perhatikan contoh dibawah ini:
  • It was raining hard when I called you yesterday;
  • I was going out to lunch when you came to my house.
Pada contoh pertama diatas, kata 'was raining' merujuk kepada 'background action' dari peristiwa yang ingin dijelaskan; yaitu waktu saya menelepon Anda kemarin, suasananya sedang hujan deras.

(Baca juga: Penjelasan tentang Gerund dalam Bahasa Inggris)

Pada contoh kedua, 'was going' merupakan 'background action'-nya; kalimat tersebut menjelaskan bahwa pada saat Anda datang berkunjung ke rumahku, saya sedang keluar untuk mencari makan.

(Baca juga: Cara Mudah Menguasai Tenses dalam Bahasa Inggris)

Simple Past vs Past Continuous

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa simple past digunakan apabila penekanannya ada pada peristiwa atau aktivitas yang terjadi pada masa lalu sedangkan past continuous digunakan apabila penekanan kalimat kita ada pada kontinuitas atau keberlanjutan dari sebuah peristiwa atau aktivitas pada masa lalu.