Learning English and Bahasa Indonesia

Strategi Jitu Lancar Berbahasa Inggris


2 strategi jitu lancar berbahasa Inggris (speaking) berikut ini tidak lazim digunakan, namun sangat efektif. Perlu diketahui bahwa untuk dapat mahir berbahasa Inggris, baik spoken maupun written, dibutuhkan latihan yang rutin dan konsisten. Tidak ada jalan pintas untuk itu. 2 strategi berikut ini disarankan oleh beberapa native speaker yang telah berpengalaman dalam bidang pengajaran bahasa Inggris. Salah satunya adalah Anastasia K, pendiri web "myenglishteacher".

Strategi #1: Lupakan Grammar

Kedengarannya aneh, namun sangat penting. Kebanyakan pelajar bahasa Inggris sibuk berpikir mengenai kesesuaian kalimat yang diujarkannya dengan tata bahasa atau grammar. Hal tersebut wajar adanya mengingat dalam setiap bahasa, tentunya ada aturan yang mengikat (dalam hal ini tata bahasa Inggris) dan semua orang ingin berbicara sesuai aturan (grammar). Tahukah Anda bahwa berpikir mengenai grammar pada saat berbicara dapat menghambat Anda dalam memproduksi kata dan kalimat?!

Jika Anda sedang dalam persiapan ujian, Anda sebaiknya mempelajari dan menguasai grammar. Namun, untuk speaking, silahkan memproduksi kalimat tanpa berpikir mengenai rule atau tata bahasa (grammar).

Mayoritas orang akan berpikir mengenai apakah kata yang ini sudah sesuai dengan tenses? Apakah harus menggunakan past verb atau cukup menggunakan infinitive? Pada saat Anda memikirkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda akan terdiam sejenak sehingga tidak fokus pada poin ini atau sense dari kalimat yang ingin Anda sampaikan.

Strategi #2: Berpikir dalam Bahasa Inggris

Poin ini membutuhkan kebiasaan dan konsistensi. Kebanyakan yang menghambat seseorang memproduksi kata atau kalimat dalam bahasa Inggris disebabkan karena otak mereka sibuk menerjemahkan kalimat yang ingin disampaikan kedalam bahasa Inggris lalu kemudian diujarkan atau ditulis. Dalam speaking, upayakan agar Anda berpikir dalam bahasa Inggris. Bukan dalam bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Inggris lalu diujarkan.

(Baca juga: Lancar Speaking Bermodal Smartphone)

Strategi #3: Mempelajari Frase atau 'Chunks' untuk Situasai Tertentu

Mungkin Anda pernah mengikuti tes kosakata dan mendapatkan nilai tinggi dalam penguasaan kosa kata (vocabulary). Namun, hal tersebut tidak menjamin Anda bisa merangkai kosakata-kosakata yang telah Anda ketahui menjadi sebuah kalimat. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mempelajari dan menguasai frase-frase tertentu yang bisa digunakan dalam situasi mendadak. Situasi-situasi tersebut antara lain:
  • Memperkenalkan diri;
  • Membuka pembicaraan;
  • Menanyakan kabar;
  • Mengakhiri pembicaraan;
  • dll
Terkhusus untuk speaking, disarankan agar lebih fokus menguasai frase-frase yang lazim digunakan dalam percakapan ketimbang fokus pada tata bahasa pada saat berbicara. Dengan menguasai frase-frase tersebut, Anda dapat berbicara lebih alami atau natural.