Learning English and Bahasa Indonesia

Strategi Jitu Meningkatkan Writing Skill


Writing merupakan salah satu aspek kebahasaan yang krusial. Untuk meningkatkan writing skill Anda, MHMN mencoba memberikan 3 tips sederhana yang efektif untuk dipraktekkan. Perlu Anda ketahui, bahwa tips ini tetap membutuhkan konsistensi. Tanpa konsistensi, akan sangat susah untuk mengembangkan writing skill Anda.

Strategi #1: Perbanyak Input: Membaca!

Poin ini berkaitan dengan input, intake, dan output. Input merujuk kepada informasi yang masuk, intake merujuk kepada informasi masuk yang tertinggal didalam pikiran kita, dan output merujuk kepada kegiatan memproduksi kembali apa yang masuk (input) dan yang berhasil kita ingat (intake). Sebelum mampu meng-output, terlebih dahulu kita harus memperbanyak input. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak membaca.

Diera teknologi seperti sekarang ini, kita dimungkinkan untuk mendapatkan informasi secara real time. Jika memiliki waktu senggang, sempatkanlah untuk melakukan browsing dan membaca berita-berita terkini yang ditulis dalam bahasa Inggris. Membaca, selain dapat menambah kosakata, juga dapat menambah wawasan kita mengenai strategi menulis yang efektif. Akan jauh lebih bagus lagi jika bahan bacaan berupa jurnal-jurnal penelitian yang diterbitkan dengan terlebih dahulu melewati proses review. Jurnal yang berkualitas tidak asal diterbitkan. Dari situ Anda dapat belajar menulis secara grammatical.

Strategi #2: Menggunakan Resource

Tool yang paling sederhana adalah Microsoft Word. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melihat apakah setiap kalimat yang Anda tulis sudah benar secara tata bahasa dengan mengaktifkan fitur 'Grammar Check'. Jika terdapat frase atau kalimat dengan garis bawah bergelombang berwarna merah, itu berarti kata atau kalimat Anda bukan dari bahasa Inggris atau mungkin ada kesalahan pengetikan. Namun jika bergaris bawah bergelombang berwarna hijau, itu berarti kalimat yang Anda tulis tidak grammatical. Periksa kesalahan grammatical Anda dengan melakukan klik kanan pada kalimat yang disertai garis bawah bergelombang hijau. Jika kalimat Anda tidak terlalu panjang, biasanya akan ada opsi pembenaran yang disediakan.

Strategi #3: Manfaatkan Media Blog

Anda bisa membuat blog gratis di blogger.com. Buatlah tulisan dan terbitkan secara berkala. Anda bisa mengusung tema yang Anda senangi dan menulisnya dalam blog Anda. Dari situ, Anda bisa belajar mengembangkan writing skill Anda secara perlahan tapi pasti. Setelah membuat blog dengan konten berbahasa Inggris, lakukan interaksi dengan penulis blog lain dengan mengunjungi blog mereka dan meminta mereka untuk mengunjungi blog Anda. Mintalah mereka untuk melakukan koreksi atas tulisan Anda baik itu dari segi penulisan, tata bahasa, dan lain sebagainya.