Learning English and Bahasa Indonesia

Tentang Declarative Sentence


Declarative sentence dalam bahasa Inggris merupakan jenis kalimat yang terdiri dari subject dan predicate. Kata kerja atau verb dalam predicate dikonjugasikan kepada subject dan terikat dalam tense tertentu.

Contoh Declarative Sentence

  • Mimin speaks English
Declarative sentence sendiri dapat terdiri dari singular noun (kata benda tunggal) dan plural noun (kata benda jamak) sebagai subject-nya serta dapat diikuti oleh verb (kata kerja) dari berbagai tense (bentuk waktu). Penambahan complement (pelengkap) juga dibolehkan. Berikut contohnya:
  • MHMN writes some articles on his blog
  • Students ran into the forest.
Pada bentuk lainnya dari declarative sentence, penggunaan pronoun (kata ganti orang) dapat mengisi posisi subject dari kalimat dan dapat terikat dengan tense (bentuk waktu) yang beragam. Berikut contohnya:
  • He has never been to Makassar, Indonesia
  • I shall visit her soon
Pada contoh pertama diatas, subject dari kalimat menggunakan singular pronoun dengan menggunakan present perfect tense. Sedangkan pada contoh kedua, plural pronoun digunakan sebagai subject kalimat dan ditulis dalam future tense.

Terkait pembahasan ini (declarative sentence), perlu diketahui bahwa bentuk waktu atau tense mengikat setiap kalimat dalam bahasa Inggris (terutama pada kata kerjanya atau verb). Oleh karena itu, pemakaian tenses yang tepat sangat penting untuk diperhatikan. Dalam pembahasan ini, terdapat dua jenis actions yang terikat dalam tenses.

Complete Actions

Berikut ini merupakan daftar tenses yang masuk dalam kategori complete actions.

Present Tense

  • Kurniawan washes his motorcycle every Monday
Kebiasaan dari pelaku atau subject dari kalimat ini; dalam hal ini Kurniawan, adalah mencuci motornya pada hari Senin 

Past Tense

  • Kurniawan worked in Makassar for 2 years
Saat ini, Kurniawan sudah tidak bekerja di Kota Makassar lagi. Sebelumnya ia bekerja di Makassar selama 2 tahun lamanya.

Future Tense

  • He will ride his motorcycle to Toraja
Pada contoh ini, subject kalimat 'He' akan melakukan perjalanan ke Toraja satu kali. 

Incomplete Actions

Berikut ini merupakan daftar tenses yang masuk dalam kategori incomplete actions.

Present Tense

  • Kurniawan is washing his motorcycle
Kurniawan belum selesai melakukan pekerjaannya; yaitu mencuci motornya. Ia sedang mencuci dan diasumsikan belum semua dari bagian motornya yang telah dicuci bersih (masih terdapat kotoran pada bagian tertentu dari motornya). 

Past Tense

  • I was sleeping when you called
Dalam hal ini, subject dari kalimat; yaitu 'I', belum bangun dari tidurnya ketika seseorang menghubunginya. 

Future Tense

  • Kurniawan will be coming to the party
Tidak terdapat akhir yang jelas terkait kedatangan Kurniawan ke pesta. Dapat dipastikan bahwa jenis kalimat ini menggambarkan sesuatu yang belum terjadi sehingga dimasukkan kedalam kategori incomplete actions. Contoh ini berbeda dengan contoh pada 'future tense' pada bagian 'complete actions' dimana pada contoh tersebut, jelas bahwa pelaku atau subject akan melakukan perjalanan ke Toraja satu kali.