Learning English and Bahasa Indonesia

Passive Voice dengan Modal dan Modal Perfect


Mengulang informasi sebelumnya bahwa passive voice atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah 'kalimat pasif' merupakan kalimat dimana bentuk predikat yang subject-nya dikenai tindakan. Jika sebelumnya kita telah membahas tentang "Kalimat pasif berdasarkan tenses" atau bentuk waktunya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kalimat pasif dengan modal dan modal perfect.

Perlu diingatkan kembali bahwa pola dasar atau formula dasar untuk membentuk passive voice atau kalimat pasif adalah to be + past participle (V3). Bentuk tersebut berlaku umum. Demikian halnya jika dipengaruhi tenses dan modal/modal perfect. Hanya saja, pola tersebut akan sedikit dimodifikasi.

(1) Subject + modal + be + past participle (V3)
(2) Subject + modal + have + been + past participle (V3)

Berikut contohnya:
  1. This topic must be published soon
  2. The orange juice should have been served before 9 am
Bisa Anda perhatikan pada formula dan pada contoh diatas, pola dasar atau formula dasar dari passive voice atau kalimat pasif adalah sama (to be + past participle); hanya saja, mendapatkan sedikit modofikasi.


Sampai disini, admin berharap Anda dapat memahami penjelasan yang telah diuraikan diatas. Apabila terdapat pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat.