Learning English and Bahasa Indonesia

Strategi TOEFL 33: Peka terhadap Present Tense dan Past Tense


Setelah pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan mengenai modals, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai poin yang selalu dijadikan sebagai materi dasar dalam EGP (English for General Purposes). Untuk menunjang pengetahuan Anda terkait TOEFL, silahkan melihat daftar artikel yang berkaitan dengan strategi TOEFL sesi Structure and Written Expression.

Admin yakin bahwa materi terkait present tense dan past tense telah dikuasai oleh pembaca sekalian. Namun, jangan menganggap remeh skills tersebut mengingat terkadang banyak peserta tes TOEFL yang justru tergelincir pada pertanyaan seputar present tense dan past tense. Poin berikut ini menekankan pada kesesuaian verb yang digunakan berdasarkan konteks waktu.
Rudi went to office when Adi calls him
Pada contoh diatas, kata yang ditulis berwarna biru merupakan verb atau kata kerja untuk past tense; sementara kata yang dicetak berwarna merah merupakan verb untuk present tense. Dalam kalimat diatas, terdapat ketidak-sesuaian penggunaan verb dalam konteks waktu. Akan tidak logis apabila Rudi pergi ke kantor (pada masa lampau) ketika Adi menghubungi Rudi (pada masa sekarang).
Rudi knows that Adi went to campus last Monday
Pada contoh diatas, kata knows merupakan verb untuk present tense sementara kata went merupakan verb untuk past tense. Kalimat pada contoh ini, secara struktural, sama dengan kalimat pada contoh sebelumnya (contoh pertama). Namun, kalimat pada contoh ini "BENAR" karena sangat logis apabila Rudi mengetahui (sekarang) bahwa Adi pergi ke kampus (masa lampau) pada hari Senin yang lalu.
Rudi knows that Adi goes to campus
Rudi knew that Adi went to campus
Kedua contoh diatas juga benar. Baik kalimat pertama maupun kalimat kedua, secara kontekstual, adalah kalimat logis. Pertama, (sekarang) Rudi mengetahui bahwa (sekarang) Adi pergi ke kampus; Kedua, (masa lampau) Rudi mengetahui bahwa Adi pergi ke kampus (pada masa lalu/lampau).

Strategi Umum: Present Tense dan Past Tense

Sebuah kalimat dimungkinkan untuk mengandung atau memiliki dua verb. Namun, pada konteks seperti ini, pastikan jika secara kontekstual, kalimatnya masuk akal atau logis. Jika terdapat dua verb dalam satu kalimat, analisa logis-tidaknya kalimat tersebut.

Contoh Soal: Present Tense & Past Tense

  • I understand that you were hungry;
  • She tells me the truth when I asked her a question about this issue;
  • Andi keeps studying hard as he intended to pass TOEFL examination.
Perhatikan kesesuaian verb berdasarkan konteks untuk menjawab soal-soal diatas. Silahkan kerjakan terlebih dahulu lalu kemudian cek jawaban Anda pada paragraf dibawah ini.

Klik untuk Cek Jawaban:
Soal Pertama: S (Salah)
Soal Kedua: C (Benar)
Soal Ketiga: B (Benar)

Jika ada pertanyaan terkait skill berikut, silahkan berkomentar dengan akun Google Plus Anda dibawah artikel ini. Kami akan segera menjawabnya. Semoga membantu.