Learning English and Bahasa Indonesia

Clause of Concession: Although vs Despite


Baik although maupun despite/in spite of, keduanya memiliki arti, makna, dan fungsi yang sama; yaitu untuk menunjukkan perbedaan diantara dua hal. Hanya saja, secara grammatikal, keduanya memiliki sedikit perbedaan. Pyle and Page (2005) memberikan penekanan khusus pada pembahasan ini dalam bukunya yang berjudul "TOEFL Preparation Guide" yang berarti bahwa poin ini tidak hanya dibahas pada general English, namun juga dibahas pada TOEFL. Lalu, apa perbedaan keduanya? Mari kita simak.

Although/Even though/Though

Sub-ordinate conjunctions ini digunakan untuk menghubungkan dua klausa.

Pola

Although/Even though/Though + S + V + [complement]

Contoh

Although Andy has a physical handicap, he has become a successful football player;
Even though Andy has a physical handicap, he has become a successful football player;
Though Andy has a physical handicap, he has become a successful football player.

Penjelasan

Kata yang dicetak tebal diatas adalah sub-ordinate conjunctions, yang sesuai form, wajib diikuti oleh subject dan verb. Dalam hal ini, subject-nya adalah Andy dan verb-nya has

Despite/In spite of

Jenis prepositions ini dapat digunakan dalam kalimat yang sama dengan contoh kalimat diatas. Jika digunakan dalam kalimat, maka kalimat tersebut akan memiliki makna yang sama jika kita menggunakan although atau even though ataupun though. Perbedaannya hanya pada kelas kata yang mengikutinya. Perhatikan pola berikut ini.

Pola

Despite/in spite of  + Noun Phrase

Contoh

Despite his physical handicap, Andy has become a successful football player;
In spite of his physical handicap, Andy has become a successful football player.

Penjelasan

Kata yang dicetak tebal diatas merupakan prepositions yang diikuti oleh noun phrase. Jika kita bandingkan contoh pada kalimat yang menggunakan although, maka terlihat jelas perbedaan grammatikal atau form diantara keduanya meskipun semua contoh diatas memiliki arti dan makna yang sama.

Although vs Despite: Kesimpulan

Semua contoh diatas memiliki arti dan makna yang sama. Letak perbedaannya hanyalah pada kata yang mengikutinya saja. Meskipun kelihatannya sepele, ternyata poin ini sering diujikan dalam tes TOEFL sehingga wajib bagi Anda yang berencana untuk mengikuti tes TOEFL untuk mengetahuinya.